Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Senin, 27 Mei 2013

Indonesia and Kpop Fever

Kpop. . .Kpop. . .Kpop, dimana-mana anak muda jaman sekarang mayoritas selalu update tentang Kpop. Yap, It's Kpop Fever that run the world, and of course. . Indonesia. Demam Kpop ini awalnya dimulai kira-kira 2 tahun dari sekarang, yaitu tahun 2011 dimana konser-konser dan fanmeeting penyanyi Korea mulai banyak dilakukan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Jadi gimana sih penyanyi-penyanyi Korea ini bisa mengambil perhatian remaja-remaja Indonesia? Well, it's not that easy, di dunia Kpop kita mengenal yang namanya masa "training" masa dimana mereka harus menjalani pelatihan bertahun-tahun untuk terjun ke dunia entertain. Ini yang saya suka dari artis Korea, mereka bukan artis yang instan dan terkenal karena membuat skandal, mereka berhasil karena kerja keras yang mereka lakukan. Selama masa training itu, mereka tidak hanya difokuskan untuk pelatihan nyanyi, tapi juga ada untuk akting, dancing dan modeling. Banyak yang berpendapat bahwa masa-masa training adalah masa terberat artis Korea sebelum mereka memulai debut mereka. Banyaknya aturan dan larangan yang ketat cukup membuat mereka stres, bahkan salah satu diantara mereka ada yang mencoba untuk melarikan diri dari asrama karna ga kuat ngejalanin training yang sangat berat (It's Taeyeon, my super super Idol XD ). 
Nah, pasti yang bisa kita lihat di dunia Kpop ini kebanyakan Girlband dan Boyband yang beranggotakan banyak member. Haha gatau kenapa mungkin emang mereka dibentuk untuk debut seperti itu, jarang solois yang eksis di dunia Kpop, walaupun ada beberapa senior solois yang sangat di kagumi di dunia musik di Korea. Untuk saya sendiri, saya masih terhitung newbie sebagai pecinta Kpop, banyak penyanyi-penyayi Korea yang gak saya tau :)) . Ceritanya saya mulai suka Kpop karena Super Junior konser di Jakarta, sekitar Juni 2012, awalnya benci banget ama Korea gatau kenapa tapi ya itu "benci jadi cinta" emang bener. Lidah tak bertulang hahaha akhirnya saya mulai mencari tau tentang Kpop karena penasaran dan keterusan jadi suka. Sukanya bukan ke Super Junior, tapi ke Girls Generation atau orang sering dengernya SNSD. But, thanks to Suju who introduced me to Kpop World, kamsahamnida. . .
To be honest, banyak hal positif loh dari mengikuti demam Kpop ini. Kita kenalin Indonesia ke negara Korea, I'm pretty sure they are already know about Indonesia, but we want them to know more kaaaan. Contohnya aja dari konser berskala besar yang sempat diadakan di Jakarta kaya SMTown Concert sama Music Bank, ini jadi hal positif banget menurut saya. Dari acara itu mereka tau budaya-budaya Indonesia, makanan khas Indonesia dan yang pasti keramahan-keramahan orang Indonesia walaupun suka out of control kalo ketemu idola nya. Yang bikin bangga lagi, di Korea juga diadain konser SMTown dan salah satu artis nya itu milih bendera Indonesia buat di paradekan bareng dia (It's Kai from EXO-K) dan ada Taemin yang dengan gaya cool nya pake topi "Woles" khas Indonesia yang dikasih dari fans nya. Ga cukup? Lanjut, ada Kai lagi dari EXO-K yang pake kaos "Damn I Love Indonesia" pas lagi di bandara Incheon dan ada Taeyang plus GDragon yang pake Batik dan niup suling di backstage konser mereka di Jakarta kemarin. Here's some pict of them :)
                                               
EXO-K Kai choosed Indonesia at SMTown Concert in Seoul :)


Taemin from SHINEe with his "Woles" hat at Incehon Airport


Kai (again) wearing "Damn I Love Indonesia" T-shirt at Incheon Airport


And Taeyang & GDragon from Bigbang ! :)

Gw sebagai fans dari Girls Generation merasa tersentuh pas mereka lagi tour konser di Singapore dan dihadirin sekitar 300 fans mereka dari Indonesia, mereka menghargai bgt fans yang udah dateng jauh-jauh dari Indonesia ke Singapore cuma buat nonton konser mereka. Di tengah-tengah lagu, Jessica bahkan ngobrol sama fans Indonesia dan dia bilang "You guys from Indonesia? But this is Singapore" and she did bow to the fans aaawww <3 ga gitu doang, di akhir konser, Sooyoung bahkan nunjuk-nunjuk ke area fans Indonesia dan bilang "Anyone from Indonesia" serentak fans dari Indonesia langsung heboh terus disamber sama Jessica "I Love Bali" yes we do love you too Jess :) bangga dong negara kita disebut-sebut terus sama mereka di negara orang lain :) 
Lanjut ke reality show, ada reality show baru dengan judul "Barefoot Friends" guess what? mereka dateng ke Yogyakarta untuk syuting acara tersebut. Di acara itu mereka harus menyelesaikan misi-misi untuk mencari makanan khas Indonesia. Lucu ketika melihat mereka excited nyari Wedang Ronde, Iga Bakar, Sate Ayam, Sate Udang plus Nasi Bakar dan yap as we expected from them, they love it ! Setelah acara itu airing, saya banyak melihat postingan-postingan di twitter dari orang-orang luar negeri yang bilang "I just watched Barefoot Friends ep Yogyakarta and I want try all the foods that they eat" 
Sebenernya gak ada habis nya kalo mau ngomongin Kpop, gak akan ada habis nya. Segitu dulu aja cerita Kpop Fever yang saya tau, jangan menganggap kalau mereka yang mencintai Kpop itu gak punya rasa nasionalisme. It's a big no, and we can learn everything from them. Annyeong ^^




1 komentar:

  1. Seneng bgtt bnyak artis korea yg suka sama indoo <3 so .. We're proud to be indonesian ^_~
    And never hate ur own birth place right guys ^.^ ^.^ #JustMyOpinion *bow*

    BalasHapus